Inilah Obyek Wisata Tampak siring Bali

tampak siring bali

Destinasi obyek wisata tampak siring Bali kini memberikan penawaran menarik untuk kamu yang merupakan wisatawan supaya menyempatkan diri singgah di Tirta Empul. Pemandangan alamnya yang sangat indah dengan kombinasi pura serta istana presiden di dalamnya, menjadikan destinasi wisata yang satu ini banyak diminati oleh wisatawan domestic maupun mancanegara.

Akses wisata yang begitu mudah untuk dijangkau, menjadikan Tirta Empul menjadi daya tarik tersendiri untuk disinggahi ketika mampir ke Pulau Dewata ini. tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengunjungi tempat wisata di Bali yang sejalan dengan tampak siring. Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, banyak wisatawan yang ingin tahu apa saja di balik nama Tirta Empul ini.

Bagaimana sejarah di balik wisata Tirta Empul ini?

Mengunjungi tempat wisata tampak siring di Bali yang dalam hal ini adalah Tirta Empul akan terkesan kurang menarik ketika kamu sendiri tidak mengetahui asal – usul dari lokasi tersebut. diceritakan bahwa pada zaman dahulu, hiduplah seorang raja yang sakti dan jahat bernama Mayadenawa. Dengan anggapan bahwa dirinya adalah dewa, menjadikan dewa Indra marah dan ingin menghancurkan Mayadenawa.

Dalam peristiwa perang melawan Dewa Indra, Mayadenawa akhirnya kabur menuju ke hutan dengan berjalan memiringkan kakinya untuk menghilangkan jejak.

Sayangnya, dirinya tetap bisa ditangkap oleh pasukan dewa Indra dan sebagai jalan keluar, dia membuat mata air beracun yang kemudian dinetralisirkan oleh dewa Indra dengan mata air penawar racun. Mata air buatan dewa Indra inilah yang kemudian menjadi sumber air kolam di tampak siring Tirta Empul.

Dimanakah lokasi wisata Tirta Empul?

Untuk Kamu yang penasaran dengan tempat obyek wisata tampak siring Bali yang dikenal dengan sebutan Tirta Empul ini, Kamu bisa segera meluncur ke wilayah desa Manukaya, Kecamatan Tampak siring, Kabupaten Gianyar, Bali.

Jika Kamu saat ini sedang berada di Denpasar, maka perjalanan akan membutuhkan waktu setidaknya 1 jam setengah untuk menempuh jarak sepanjang 36km. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Bali dengan supir untuk sampai kawasan ini.

Sayangnya, untuk menuju lokasi wisata ini, Kamu disarankan berjalan ke pintu masuk wisata yang ternyata terpisah dengan jalan utama. Sesuai dengan aturan yang ada, Kamu juga akan diminta mengenakan sarung yang telah di sediakan di pintu masuk.

Istana presiden di lokasi Tirta Empul

Salah satu hal menarik yang bisa Kamu nikmati saat berkunjung ke wisata di Bali ini adalah adanya Istana Presiden yang dahulunya dibangun oleh Ir. Soekarno sebagai rumah peristirahatannya saat berkunjung ke Bali.

Dibangun mulai 1957 – 1960, bangunan pertama wisama Merdeka dan wisma Yudistira ini diprakarsai oleh sosok arsitek tanah air yaitu RM Soedarsono yang mana dalam pembangunannya dilakukan secara bertahap.

Akan tetapi, di tahun 2003, wisata di Bali yaitu Istana Tampak Siring ini direnovasi untuk keperluan KTT ASEAN Summit XIV. Dalam renovasi tersebut, ada beberapa bangunan yang ditambahi seperti halnya bangunan untuk keperluan konferensi dan juga balai Wantilan untuk keperluan penampilan kesenian lokal dalam rangka menyambut tamu negara.

Di lain sisi, pembangunan ini juga ditujukan untuk wisma peristirahatan presiden saat berkunjung ke Bali.

Salah satu destinasi wisata di Bali adalah Tirta Empul yang dibangun sebagai istana presiden dengan ragam wisata sejarahnya yang sangat menarik.

Di lokasi ini, para wisatawan bisa menikmati kegiatan berendam ataupun mandi di bawah air suci yang dibuat oleh Dewa Indra pada zaman dahulu. Nilai sejarah yang tinggi dengan keindahan bangunan serta cerita di baliknya menjadikan tujuan wisata tampak siring Bali ini banyak dikunjungi oleh wisatawan saat belibur di Pulau Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Send via WhatsApp