Tips Menikmati Tempat Wisata di Bali Bagian Timur

tempat wisata di bali bagian timur

Kawasan Kintamani merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan baik domestik atau mancanegara. Berada di kabupaten Bangli, daerah Kintamani merupakan kawasan yang tidak memiliki potensi pantai. Namun, keindahan tempat ini dibuktikan dengan adanya gunung tertinggi kedua di Bali yaitu Gunung Batur. Selain itu, Danau Batur juga menjadi spot wisata paling disukai karena memiliki aktivitas menarik. Nah, menikmati tempat wisata di Bali bagian timur wajib memasukkan dua tempat eksotis ini lho!

Eksotisme wisata Danau Batur dan Gunung Batur

Tempat wisata di Bali bagian timur yang harus di kunjungi dan menikmati keindahan Danau Batur yang telah ditetapkan UNESCO sebagai Taman Bumi. Danau yang memiliki luas 16 kilometer ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda bisa menyaksikan kaldera terindah di dunia sebab Danau Batur bisa berubah warna dipengaruhi belerang dari dasar laut. Jangan heran kalau Anda bisa melihat warna air danau yang biru kehijauan atau berubah menjadi hijau kekuningan. Menarik, ya?

Jika Danau Batur terletak di ketinggian 1050 mdpl, maka Gunung Batur memiliki ketinggian mencapai 1717 mdpl. Anda bisa mendaki gunung ini untuk menemukan wisata di Bali yang anti mainstream. Toh, pendakian menuju ke Gunung Batur sangat direkomendasikan bagi pemula. Jalur cukup mudah dan aman serta bisa ditempuh dalam waktu 2,5 jam saja. Ada beberapa tips wisata di Bali yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin menikmati kawasan wisata Danau Batur dan Gunung Batur ini.

Tips penting seputar wisata di Bali

Kalau Anda ingin menikmati potensi wisata di Bali khususnya obyek wisata Danau Batur dan Gunung Batur, wajib memperhatikan detail tips bermanfaat berikut ini.

  1. Memilih waktu kunjungan yang tepat

Waktu berkunjung yang sangat direkomendasikan adalah musim kemarau. Jalan menuju ke Danau Batur cukup berkelok dan kecil sehingga Anda harus berhati-hati. Meski sudah diaspal, kesulitan mengemudi kendaraan tentu meningkat saat musim penghujan. Selain itu. perjalanan hiking ke Gunung Batur juga jauh lebih mudah dibandingkan musim penghujan.

  1. Membawa perlengkapan yang diperlukan

Kalau Anda berniat mendaki Gunung Batur, pastikan membawa perlengkapan secara lengkap baik obat-obatan dan sebagainya. Jangan lupa membawa kamera foto untuk mengabadikan semua momen wisata di Bali satu ini. Kalau ingin memancing di Danau Batur, Anda bisa menyewa peralatan memancing yang disediakan pihak pengelola.

  1. Menyewa tour guide

Kalau pertama kali mencoba perjalanan wisata di Gunung Batur atau Danau Batur, pastikan Anda menyewa tour guide atau orang yang mengetahui detail tempat tujuan. Membawa teman yang pernah mendaki Gunung Batur, bisa meminimalisir risiko perjalanan naik gunung apalagi Anda yang tidak memiliki pengalaman mendaki sama sekali.

  1. Memakai pakaian yang tebal

Berada di ketinggian lebih dari seribu meter, cuaca di danau dan gunung cukup dingin. Anda harus memakai pakaian tebal agar tidak kedinginan selama menikmati aktivitas di tempat wisata tujuan.

  1. Mematuhi peraturan yang ditetapkan

Mendaki gunung wajib mematuhi peraturan yang telah ditentukan agar Anda terhindar dari risiko pendakian. Selain mempersiapkan fisik dan mental, Anda harus selalu menjaga sopan santun dan kebersihan selama berada di lokasi wisata. Selalu perhatikan perubahan cuaca agar perjalanan mendaki Gunung Batur aman sampai puncak.

Beberapa tips menikmati tempat wisata di Bali bagian timur khususnya menikmati aktivitas di Danau Batur dan Gunung Batur tersebut bisa menjadi gambaran tersendiri. Ajak teman atau keluarga menikmati wisata di kawasan Bali Tengah yang tak kalah menyenangkan dari obyek wisata pantai ini. Selama persiapan sudah matang, Anda siap menjelajah eksotisme Danau Batur dan Gunung Batur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Send via WhatsApp