Ini Keindahan Wisata di Bali, Ulun Danu Beratan Bedugul

wisata di Bali

Jika kita berbicara tentang keindahan tempat wisata di Bali, maka hal yang satu ini seperti tak pernah ada habisnya. Pesona Bali sudah terkenal di seluruh dunia, sehingga tak jarang ada banyak sekali orang yang memilih untuk datang ke Bali secara langsung.

Dengan begitu, mereka pun bisa merasakan secara langsung bagaimana keindahan tempat wisata di Pulau Bali.

Ada banyak lokasi wisata yang bisa kita temui. Hal seperti ini menunjukkan bahwa Bali memiliki aset pariwisata dengan segala macam keindahannya yang tak patut untuk diragukan.

Salah satu di antaranya seperti Ulun Danu Beratan Bedugul. Bangunan yang satu ini terkenal dengan keindahan dan unsur religinya, bahkan tak jarang dikunjungi para wisatawan.

Sebagian dari kita mungkin sudah ada yang mengenal Ulun Danu Beratan Bedugul sebagai salah satu lokasi tempat wisata di Bali. Ulun Danu Beratan Bedugul sendiri adalah sebuah pura yang menjadi tempat suci bagi umat Hindu. Pura ini terletak di ujung Danau Beratan.

Lokasi Pura Ulun Danu ini berada di area wisata Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Ulun Danu Beretan Bedugul sendiri menjadi sebuah Pura suci yang sangat terkenal di Bali. Pada saat air yang ada di Danau Bratan naik atau pasang, maka Pura ini pun akan tampak seperti mengambang di atas air.

Selain itu, pemandangan di sana pun tampak indah. Pura ini dikelilingi oleh air danau, sehingga akan menciptakan kesan asri yang kuat dan menyejukkan.

Di sana, kita pun bisa melihat pemandangan yang indah. Ada pemandangan pepohonan dan rerumputan yang hijau, sehingga akan memberi kesan sejuk serta dingin di mata. Ada juga pemandangan gunung yang tinggi menjulang, sehingga tak heran jika keindahan lokasi wisata di bedugul satu ini berhasil memikat hati siapa pun yang datang ke sana.

Komplek Pura Ulun Danu Beratan

Bila Anda datang ke lokasi wisata di Bali yang satu ini, lebih baiknya Anda menggunakan jasa sewa mobil Bali dengan supir karena untuk menuju Ulun Danu Beratan lumayan jauh dari kawasan Kuta. Disini Anda akan melihat ada 5 Pura dan sebuah stupa Budha di kompleknya. Hal ini bisa menjadi satu daya tarik tersendiri untuk para wisatawan. Berikut ini ulasan singkat dari kelima Pura dan sebuah stupa tersebut.

  1. Pura Dalem Purwa

Di dalamnya ada 3 pelinggih utama. Ketiga pelinggih tersebut menghadap ke timur dan terletak di sisi selatan Danau Beratan.

  1. Pura Penataran Agung

Kita bisa melihat Pura Penataran Agung saat melewati Candi Bentar ke Berantan. Pura ini berfungsi sebagai pemuja kebesaran Tuhan untuk umat Hindu.

  1. Pura Prajapati

Pura ini terletak di bawah sebuah pohon beringin besar. Pura Prajapati sendiri berfungsi untuk tempat berstananya Dewi Dunga.

  1. Pura Lingga Petak

Pura Lingga Petak juga sering disebut sebagai Pura Ulun Danu Berantan. Di dalam Pura ini kita bisa menemukan sebuah sumur keramat dan suci serta Lingga putih yang diapit oleh batu hitam dan merah.

  1. Pura Taman Beji

Pura Taman Beji menjadi lokasi untuk melakukan Upacara Ngebejiang atau ritual penyucian sarana upacara serta memohon air suci atau Tirta.

  1. Stupa Budha

Stupa Budha menandakan adanya keselarasan di dalam kehidupan beragama. Stupa ini menghadap ke selatan dan berada di luar area utama komplek Pura Ulun Danu Beratan.

Ulasan wisata di Bali tentang Ulun Danu Beratan seperti di atas sudah Anda tahu. Jika Anda berkunjung ke Pulau Bali, rasanya belum lengkap jika tak mampir ke lokasi ini. Oleh karena itu, pastikan Anda datang ke lokasi wisata yang satu ini untuk memberi kesan tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Send via WhatsApp